Senin, 19 Desember 2011

kata tetangga sebelah

Diposting oleh dara izhhar di 14.44

 Mukmin

menjadi mukmin adalah sebuah pilihan hidup,kenapa saya bilang pilihan hidup, karena meskipun kita di lahirkan sebagai Islam, dalam masa-masa pendewasaan kita akan di pertemukan oleh berbagai pilihan kepercayaan tentunya yang sesuai dengan jalan pikiran dan jiwakita.
baiklah para mukmin sekalian berikut ini adalah hal-hal yang saya temukan di sebuah poster oleh-oleh dari kawan-kawan terbaik saya.
                 meskipun poster ini membahas tentang ANATOMI  MUKMIN-KAFIR saya tidak akan membahas tentang kafir karena bukan wewenag ilmiah saya.
Maaf  J  untuk saat ini di www.idairawati.net  saya ingin membuat sudara muslim saya tersenyum, karena SELAMAT ANDA TELAH MEMILIH JALAN BENAR ISLAM, setidaknya ini bisa di jadikan alasan mendasar mengapa Anda harus berfikir jernih untuk tidak memilih jalan hidup sebagai kafir.

 baiklah saya akui saya salah satu pengagum karya-karya sufi (Rumi) atau orang yang memilih jalan sunyi sufi, menurut saya cara mencintai Islam lewat sufi lebih natural dan apa adanya penuh kepolosan tapi tetap pada aturan dan larangan Allah SWT dan di dalam lingkup hadist Muhammad SAW. dan saya tidak ragu mengatakan

"saya memilih jalan sufi yang sunyi untuk mendalami ISLAM dengan logika dan perasaan yang polos dan apa adanya"

 baik lah mari kita lanjutkan tentang mukmin.

TUJUAN HIDUP MUKMIN

"MENJADIKAN Allah (ridha-Nya) sebagai tujuan semua perbuatanya.semua aktivitas hidup berupa duduk dan bangaunnya,makan dan Minumnya,kerja dan ibadahnya,nikah dan rumah tangganya,dakwah dan mata pencahariannya,seluruhnya hanya mengharap Ridha Allah,dengan ungkapan lain ,ghayahseorang muslim adalah ridha Allah semata denagan memurnikan keiklashan kepada-Nya dan merealisasikan pendalaman kepada Nabi Muhammad SAW.

PEDOMAN HIDUP

·         menjadikan Al-Qur'an dan sunnah sebagai panduan hidupnya dan memahami keduanya sebagaimana pemahaman para ulama' yang terpercaya. ia juga mengikuti sunnah Khulafaur Rasyidin klik untuk lebih jelas
        dan mengikuti jejak manusia khairul qurun (sahabat,tabi'in dan tabi'ut tabi'in) klik untuk lebih jelas
·         mereka bisa saja menerima pendapat dari orang lain atau kelompok lain dalam urusan duniawi, namun manakala hal itu bersebrangan dan bertolak belakang dari Al-Qur'an dan sunnah maka ia kan meniggalkanya meski sebagian manusia memandang hal itu sebuah kebaikan.
    Aku tinggalakan kepada kalian dua perkara yang kalian tidak akan pernah tersesat untuk selama-lamanya; kitabullah dan sunnah Rasulullah (HR. Malik: 1395)

SASARAN DAN TARGET HIDUP
Target seorang hidup seorang muslim adalah tegaknya syariat dan hukum Allah di muka bumi secara total dan kaffah dalam pribadi setiap muslim,pada setiap jengkal bumi,di setiap rumah,di setiap istitusi seluruh masyarakat.

BEKAL HIDUP
Bekal hidup seorang muslim ADALAH:
1.       Ketakwaan kepada Allah dalam makna yang sebenarnya.
2.       Ilmu yang akan membebaskan dirinya dari kebodohan akan dunia akhirat.
3.       Keyakian yang mantap akan Allah, janji dan ancaman-Nya.
4.       Sikap tawakal dalam setiap pilihan hidup  yang di ambilnya.
5.       Rasa syukur atas setiap nikmat yang di karuniakan kepadanya.
6.       Sikap sabar atas setiap musibah dan bala’ yang menimpanya.

PEMIMPIN DAN IMAN DALAM KEHIDUPAN
Pemimpin kehidupan mukmin adalah Allah ,Rasul dan saudaranya sesama mukmin.ia tidak akan menjadikan orang  fasik dan kafir  sebagai penuntun jalan hidupnya. Sebagaimana yang di sebutkan dalam Al-QUR’AN  “sesungguhnya pemimpin (wali ) kalian hanyalah Allah,Rasul-Nya dan orang-orang yang beriman yang mendirikan shalat  dan menunailkan Zakat seraya tunduk( kepada Allah) .maka barang siapa  yang menjadikan Allah dan Rasul-Nya dan orang-orang yang beriman menjadi penolongnya,maka sesungguhnya,tentara Allah pasti akan menang .” (Qs Al maidah [05] :55)


KAWAN HIDUP
“Sahabat seorang  mukmin adalah orang-orang yang memiliki akidah yang sama dengan dirinya.persaudaraan baginya hanya di berikan kepada orang beriman. “ sesungguhnya saudara orang mukmin hanyalah orang mukmin”  (QS Al-Hujurat [49]:11) seorang mukmin tidakmungkin orang kafir sebagai walinya,kawan dekatnya,pembantu setianya,teman sejawatnya,pemimpin atau idola hidupnya.Allah berfirman, “wahai orang-orang yang beriman,janganlah kamu menjadikan orang-orang yang membuat agamamu sebagai bahan ejekan dan permainan sebagai pemimpinmu.” (Qs Al maidah [05] : 57)
Orang mukmin juga tidak akan bergaul dengan ahli bid’ah dan pelaku maksiat jika memandang dirinya tidak mampu memberikan peringatan kepada kelompok tersebut. Rasulullah SAW bersabda “perumpamaan teman yang baik seperti (bergaul dengan) pedagag minyak wangi,jika ia tidak memberimu sesuatu darinya,setidaknya engkau mendapat bau harumnya.dan perumpamaan kawan yang buruk adalah seperti (bergul dengan) tukang pandai,jika engkau tidak terkena kotoran apinya,setidaknya kau akan  terkena asapnya.” (HR. Abu daud :4191)

MUSUH DALAM KEHIDUPAN
Musuh orang mukmin ada 5
1.       Setan yang selalu menjerumuskannya
2.       Hawa nafsu yang selalu mengodanya
3.       Orangkafir yang selalu memeranginya
4.        Orang munafik yang selalu mengintainya
5.       Orang islam yang hasad (Hasad adalah merasa tidak suka dengan nikmat yang telah Allah berikan kepada orang lain) dirinya.
Sedang pembagian musuh mukmin menurut kelompok adalah
1.musuh dirinya
2. musuh kawanya
3. kawan musuh - musuhnya.
MAKANAN DAN MINUMAN
*tentang konsep makanan dan minuman,seorang mukmin memiliki prinsip halal dan thayyib.halal secara dzatnya maupun halal secara maknawi.halal secara zat berarti  makanan tersebut harus terhindar dari benda-benda najis yang di haramkan (khamer,darah,bagkai,babi,binatang bercakar dan bertaring) halal secara maknawi  maknanya bukan dari hasil curian,suap,riba,transaksi jual beli yang di haramkan. Termasuk yang di hindari adalah meminta-minta tidak benar.
*tujuan makan dan minum yang ia lakukan pun sebatas untuk menguatkan dirinya melaksanakan ibadah,sekedar menegakan tulang sulbi,bukan pemuasan nafsu dan melampaui batas.
MUAMALAT DAN SUMBER PENGHIDUPAN
Dalam bermuamalat dan mencari sumber penghidupan seorang mukmin berpatokan dengan dua kaidah pokok,tidak melangar syar’I dan siap mengeluarkan zakat hartanya.
Tentang kesanggupan untuk tidak melangar syar’I,maka ada beberapa kaidah tentang hal itu.
*barang yang di konsumsinya halah dan tayyib baik secara dzat maupun secara maknawi.
*mata pencaharinanya di benarkan oleh syariat.
*proses pencarianya  harta yang halal tersebut tidak meniggalkan kewajiban pokok nya,terutama shalat fardhu. Termasuk kewajiban lainnya yang merupakan  bentuk kepatuhan dan ketundukan seorang muslim kepada perintah Allah.Allah berfirman : “Wahai orang-orang beriman ,jagalah harta anak-anakmu menjadikan kamu lalai dari mengigat Allah,barang siapa yang melakukan perbuatan itu,maka mereka orang-orang yang merugi………… (Qs al- Munafiqun[63]:9)

KONSEP NIKAH KELUARGA DAN RUMAH TANGGA
·         Rumah tangga adalah salah satu bentuk ibadah yang agung.ia merupakan sunnah nabi yang wajib untuk di laksanakan.
·         Rumah tangga adalah sarana terbesar pematangan mental dan cara terbaik menjaga kehormatan dirinya. ia memandang bahwa tidak ada lembaga lain di luar pernikahan yang dapat menjaga kelesatarian dan keberlangsungan hidup manusia.
·         Tentang pernikahan,seorang muslim tidak mengenal  konsep khalawat ,meski degan tujuan untuk mengenal lebih detail calon pendamping hidupnya.ta’aruf yang di dalamnya ada nadhar dan pengenalan jati diri keduabelah pihak,degan di damping oleh pihak ketiga adalah jalan terbaik untuk mengetahui identitas pasangan hidup. Sebaliknya konsep pacaran terbukti sering menimbulkan petaka bagi keduanya.


  
PANDANGAN TENTANG DUNIA
·         Seorang mukmin memandang bahwa dunia  adalah tempat persinggahan,dirinya seperti seorang musyafir yang berada di sebuah perjalanan. Ia beristirahat di sebuah pohon , kemudian bersiap  -siap hendak melanjutkan perjalananya.
·         Ia juga memandang duinia sebagaimana pandangan Allah terhadapnya,bahwa ia di sisi Allah lebih hina dari selembar sayap nyamuk.
·         Juga memandang bahwa dunia  ini seperti sebongkah batu es yang berada di buwah terik mata hari ,dimana ia akan mencair sedikit demi sedikit hingga hilang tanpa bekas.
Orang mukmin adalah orang akhirat yang berjalan di muka bumi

TENTANG AKHIRAT

“akhirat bagi seorang muslim adalah kampong halaman yang sesungguhnya. Keriunduanya akan kampong akhirat seperti  seseorang yang sudah lama meniggalkan kampong halamanya,sementara dia sedang berada di sebuh negeri yang membuat diri dan batinnya tersiksa.ia ingin segera pulang dan berjumpa dengan orang yang di cintainya .dalam perjalanan menuju kampong halamanya,kerinduanya kian memuncak untuk segera sampai padanya.

DETIK-DETIK SEBELUM DATANGNYA AJAL HINGGA KEMATIAN

·         Seorang mukmin akan menghadapi kematian degan penuh kegembiraan.Baginya kematian adalah perjumpaan degan sang kekasih yang selalu di rindu.Mereka merasakan kematian bagaikan benag basah yang di tarik dari adonan tepung seperti air yang mengalir dari wadahnya,sedemikian lembut dan sangat mudah. Malaikat yang mencabut nyawanya datang dengan pakaian putih  yang harum semerbak,membawa kain kafan yang di bubuhi wewagian. Malaikat itu akan berseru kepadanya degan penuh santun “keluarlah engkau menuju ampunan Rabb-mu dan keridhaan-Nya.
·         ‘dengan senyum yang tersunging di bibir ,peluh di dahi, dan tubuh yang harum,seorang mukmin kan pergi  meniggalkan dunia. Semantara orang-orang di sekelilingnya akan bersedih dengan kepergiannya, karena begitu terkenag degan segala kebaikannya.
·         Terkhusus bagi orang yang mati syahid di medan perang,maka mereka akan merasakan kematian itu bagaikan gigitan semut,sehingga mereka merasakan kenikamatan yang membuatnya ingin hidup kembali lalu di matikan degan cara seperti itu.



DI KUBUR

Seorang mukmin akan mendapat kan berbagai kenikmatan ketika berada di dalam  kuburnya,.sebagaimana di sebutkan dalam berbagai riwayat,inilah beberapa kenikamatan  yang akan di rasakan oleh mukmin di dalam kuburnya.

·         Mendapat kuburnya  bercahaya dan di luaskan seluas-luasnya.
·         Berjumpa degan seorang lelaki tampan mengenakan pakaian terbaik dan harum baunya. Laki-laki tampan itu adalah amal salih yang akan menemaninya dalam kubur sehingga merasa tidak sendirian.
·         Di perlihatkan kedudukannya nanti di akhirat berupa surga yang di janjikan.
·         Jika seorang mukmin yang mati syahid ,maka ruhnya akan di beri kebebasan untuk berkelana di alam surga dan memakan buah buahan di dalamnya.
·         Mendapatkan keteguhan dari Allah Swt,saat di Tanya oleh malaikat mugkar & nakir, di kuburnya sehingga ia mampu menjawab semua pertanyaan  keduanya degan benar.
·         Jika ia seorang syuhada,maka ia akan terbebas dari pertanyaan mugkar & nakir ,juga dari kegoncangan dahsyat pada hari kiamat di saat seluruh penghuni kubur lainya merasakan kedahsyatan Faz’ul akbar.


DI PADANG MAHSYAR

Sebagaimana yang di sebutkan dalam beberapa riwayat yang sahih,inilah beberapa keadaan orang mukmin saat berada di padang mahsyar.
·         Di kumpulkan bersama  orang-orang mukmin lainya yang di pimpin oleh Rasullulah SAW.
·         Mendapatkan naungan dari Allah dan terhindar dari hawa panas  yang menyegat ketika matahari di dekatkan kepala manusia sejarak 1 mil.
·         Menerima catatan amal dengan tangan kanan mereka.
·         Di hisab dengan hisab yang ringan yaitu hanya  dengan di nampakan amal perbuatan mereka ,namun tidak di tuntut lebih dari itu.
·         Mendapatkan syafa’at dari nabi Muhammad SAW.
·         Menjalani masa penantian di Mahsyar yang jarak lamanya 50.000 tahun bagaikan jarak antara Dhuhur dan Ashar.
·         Mendapatkan syafaat dari amalan-amalan dan ibadahyang mereka lakukan semasa di dunia,semisal membaca Al-Quran  dan ibadah sahum/ puasa.
·         Ketika memasuki  fase  ujian keimanan ,maka dari tubuh mereka keluar cahaya yang sangat terang hingga menyinari sekelilingnya.
·         Melewati shirat dengan di mudahkan sesuai degan tingkatan amal mereka.
·         Mereka akan minum air telaga Al Kautsarbersama rombongan muslim lainya.

TEMPAT KEMBALI
Orang mukmin akan mendapatkan surge sebagaimana yang di gambarkan hadits-hadists nabi:
Ia adalah istana yang bahanya adalah batu-batu emas,dan perak sebening kaca,bahanya lebih lembut dari keju,lebih manis dari madu,sungai-sungai mengalirkan susu,madu ,arak yang tak memabukan, air jernih yang tidak merubah rasanya,keelokan wajah penghuninya bagai bulan di malam purnama,kecantikan bidadarinya tak terbayangkan jelitanya. Kendaraanya adalah unta unta dan kuda bersayap yang  terbuat dari mutiara,begitu pula tanah dan debunya,makanan dan minumanya adalah hidangan istimewa yang tidak terbayangkan kelezatanya ,kasur dar permadaninya adalah kasur tebal dan sutra halus,gelas dan piringnya terbuat dari emas dan perak.



Love
Dara izhhar

0 komentar:

Posting Komentar

mohon komen tidak sara,saru,dan tidak menganggu

 

situs resmi Dara izhhar Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | web hosting