Senin, 27 Februari 2012

Male and sexsiologi

Diposting oleh dara izhhar di 15.53
seperma
Spermatozoid atau sel sperma atau spermatozoa (berasal dari bahasa Yunani kuno: σπέρμα yang berarti benih, dan ζῷον yang berarti makhluk hidup) adalah sel dari sistem reproduksi laki-laki. Sel sperma akan membuahi ovum untuk membentuk zigot. Zigot adalah sebuah sel dengan kromosom lengkap yang akan berkembang menjadi embrio.
Sel sperma manusia adalah sel sistem reproduksi utama dari laki-laki. Sel sperma memiliki jenis kelamin laki-laki atau perempuan. Sel sperma manusia terdiri atas kepala yang berukuran 5 µm x 3 µm dan ekor sepanjang 50 µm. Sel sperma pertama kali diteliti oleh seorang murid dari Antonie van Leeuwenhoek tahun 1677.
Sperma berbentuk seperti kecebong, dan terbagi menjadi 3 bagian yaitu: kepala, leher dan ekor. Kepala berbentuk lonjong agak gepeng berisi inti (nucleus). Bagian leher menghubungkan kepala dengan bagian tengah. Sedangkan ekor berfungsi untuk bergerak maju, panjang ekor sekitar 10 kali bagian kepala.
Urutan pertumbuhan sperma (spermatogenesis) adalah sebagai berikut: spermatogonium (membelah 2), spermatosit pertama (membelah 2), spermatosit kedua (membelah 2), spermatid dan tumbuh menjadi spermatozoa (sperma).
Pada pria dewasa normal, proses spermatogenesis terus berlangsung sepanjang hidup, walaupun kualitas dan kuantitasnya makin menurun dengan bertambahnya usia.

Sumber: Wikipedia


Berapa Lama Sperma dapat Hidup didalam Rahim Wanita?

Jawabannya tergantung pada banyak variabel, baik dari komposisi metabolik (kualitas) sperma, lingkungan vagina (temperatur tubuh, level keasaman (ph), kehadiran lendir serviks/cm, kualitas lendir serviks, kemampuan sperma untuk berenang maju dari vagina menuju saluran sel telur, dan kehadiran antibodi sperma dalam tubuh wanita. Pada kondisi yang ideal, sperma dapat hidup antara 3 – 6 hari.  Dalam banyak kasus, beberapa faktor dapat mengurangi usia hidup sperma.
Sperma sangat kecil, tak terlihat oleh mata telanjang, dan perjalanan yang harus dilakukannya dapat diperbandingkan dengan manusia yang harus berenang dari Los Angeles ke Hawaii. Bukanlah perjalanan yang mudah, dibandingkan jauhnya jarak tempuh dengan ukurannya yang sangat mikroskopik. Perjalanan dimulai dari tubuh pria – butuh beberapa bulan bagi sel sperma untuk terbentuk dan matang. Untuk meningkatkan kesehatan sperma dan perkembangannya yang normal, kecukupan nutrisi dan antioksidan adalah hal yang sangat vital.  Gaya hidup sehat, menghindari kebiasaan yang memperburuk kondisi sperma seperti merokok dan alkohol, adalah penting untuk menciptakan sel-sel sperma yang kuat untuk dapat mengarungi perjalanan beratnya kelak.
Saat penetrasi dan pria mengalami puncak ejakulasi, sperma akan masuk ke dalam vagina wanita. Perjalanan berlanjut, sperma berenang melalui rahim dengan bantuan lendir serviks dalam rahim wanita, dan terus bergerak menuju saluran sel telur. Jika ia tidak segera tiba disana dalam beberapa jam, sebagian besar akan berakhir mati.
Dalam perjalanan panjang tersebut, banyak sperma yang kehabisan energi atau berenang pada arah yang salah, atau pergi ke saluran sel telur yang kosong (yang tidak sedang mengandung telur matang – karena saluran sel telur wanita ada dua buah). Pada beberapa kasus, sperma bahkan dinetralkan oleh antibodi wanita atau oleh lendir serviks yang “hostile” (anti sperma).
Jika lendir serviks wanita ada dan baik, usia sperma akan lebih panjang. Lendir serviks adalah bagian penting dari proses kehamilan. Lendir serviks (CM/Cervical Mucus) melindungi sperma dari Acid (keasaman) vagina. Lingkungan Acid vagina dapat menghentikan pergerakan sperma. Lendir serviks yang diproduksi tubuh dapat melindungi sperma dari acid tersebut. Lendir serviks juga membantu sperma untk berenang ke tuba falopi dari rahim untuk mencapai telur. Lendir serviks yang baik juga dapat mendeteksi sperma yang abnormal dan mencegah mereka mendekati sel telur. FertileCM membantu meningkatkan kuantitas dan kualitas lendir serviks yang baik untuk membantu sperma melaksanakan tugasnya.
Bila si sperma beruntung, ia masuk ke saluran telur yang benar, pada saat yang tepat ketika wanita berada pada kondisi paling subur, telur matang, dan pembuahan dapat terjadi. Namun bila belum ada telur yang matang, mereka harus menunggu sekitar waktu ovulasi, saat telur jatuh. Dalam beberapa kasus, sperma sehat dapat bertahan di rahim sekitar 3 hari. Bisa sampai 5 hari pada sperma yang sangat kuat dan sehat, namun jarang.
Dari jutaan sperma yang memulai perjalanan, hanya beberapa perenang yang lincah dan unggul saja yang dapat berhasil. Inilah mengapa waktu hubungan di saat yang tepat sangat penting untuk meningkatkan peluang anda untuk hamil. Pada waktu yang salah, sperma yang bertahan akan berenang-renang di tuba falopi menunggu kehadiran telur matang. Jika telur hadir, satu sperma yang masih bertahan hidup dan cukup berenergi dapat mendekati telur dan menembus masuk untuk membuahinya. Pembuahan ini akan berkembang menjadi embrio. Kemudian, 5 sampai 6 hari kemudian, ia siap “pindah” dan melekat di dinding rahim. Saat embrio yang telah dibuahi ini implantasi di dinding rahim – selamat, Anda telah hamil, bahkan mungkin Anda belum menyadarinya. Perjalanan sperma telah berakhir. Saat perkembangan janin, zat nutrisi seperti asam folat dan kelengkapan vitamin sangat penting untuk pembentukan janin yang baik, terutama susunan saraf pusatnya. Pastikan calon ibu tidak sampai kekurangan.
Seperti yang telah kita lihat, kesehatan sperma tidak bisa diabaikan. Semakin banyak, kuat berstamina dan semakin sehat sel sperma, semakin besar kemungkinan pasangan suami-istri untuk hamil. Pada tahun 2006, telah diadakan studi klinis terhadap suplemen kesuburan, FertilAid for Men. Studi ini difokuskan kepada pria yang memiliki parameter sperma abnormal. Hasil studi mengungkapkan bahwa suplemen ini memberikan peningkatan signifikan pada jumlah dan motilitas sperma. Hasil penelitian itu dimuat dalam Journal of Andrology oleh American Society of Andrology.
Sumber:http://wishingbaby.com
Tips menjaga kesehatan seperma
Mungkin sebagian kaum adam belum faham akan pentingnya menjaga kesehatan sperma,sebab dengan benih yang sehat akan menghasilkan keturunan yang baik dan sehat disamping itu pula dengan menjaga kesehatan benih anak/sprema otomatis akan menjaga kesehatan jasmani seseorang mau tahu tips menjaga kesehatan sperma cek ke tkp sob



* Olahraga. Jika tubuh selalu dalam kondisi baik, maka jumlah sperma Anda pun akan baik. Menjaga kondisi tubuh bisa dengan mudah dilakukan bila menerapkan olahraga secara teratur.

* Ejakulasi. Aturlah waktu ejakulasi. Sebaiknya tunggu hingga tiga hari sejak ejakulasi pertama untuk melakukan ejakulasi lagi. Ejakulasi terlalu sering dapat memperburuk kualitas sperma.

* Gizi seimbang. Dengan nutrisi yang tepat, seorang pria dewasa dapat memaksimalkan kuantitas spermanya. Hindari makanan pedas, tingkatkan konsumsi sayuran seperti bayam, brokoli, asparagus, dan rumput laut. Juga buah-buahan seperti tomat, semangka, dan jambu biji.

* Air. Fungsi organ tubuh tidak akan normal bila tubuh kekurangan air. Dalam kondisi dehidrasi akibat kekurangan cairan, hormon yang memproduksi sperma akan terhambat. Minumlah air setidaknya delapan gelas setiap hari.

* Gaya hidup sehat. Selain asupan nutrisi, kesehatan sperma juga dipengaruhi oleh gaya hidup. Demi kuantitas dan kualitas sperma, hindari stres, merokok, dan alkohol. Kebiasaan burut tersebut dapat merusak kualitas sperma. Penggunaan pakaian yang terlalu ketat juga memperburuk kualitas sperma.

* Seks di pagi hari. Kebiasaan ini sering digunakan sebagai trik agar cepat memiliki bayi. Saat bagun di pagi hari, produksi sperma memang pada tingkat yang tertinggi.

* Berat badan ideal. Kelebihan berat badan dapat mempengaruhi kuantitas sperma. Pilihlah menu diet yang terbaik untuk mendukung peningkatan kualitas sperma.
HAL YANG PERLU DIHINDARI DALAM MENJAGA KESEHATAN SPERMA

Penurunan jumlah sperma bisa terjadi karena beberapa alasan. Selain dari kebiasaan memakai celana yang terlalu ketat, infeksi dalam tubuh bisa juga menurunkan kuantitas dan kualitas sperma. Konsultasikan mengenai keadaan Anda dengan dokter, karena konsumsi beberapa jenis obat juga sering mempengaruhi kualitas sperma.

Sumber :
http://enthikrule.blogspot.com

Jenis-jenis makanan yang sangat penting untuk meningkatkan stamina,vitalitas dan kesehatan pria.
Berbicara tentang kesehatan tentu tidak bisa di lepaskan dari makanan, sepanjang manusia masih doyan makan, maka sepanjang itu pula manusia akan mengalami gangguan kesehatan. Berikut adalah jenis makanan yang baik untuk di konsumsi,terutama untuk pria.
Daging Merah tanpa lemak
Jika Anda  penggemar jenis steak-dan-kentang ,anda beruntung. Daging merah bisa baik bagi Anda, kata Leslie Bonci, MPH, RD, konsultan nutrisi ke Pittsburgh Steelers. Potongan daging sapi yang dikemas dengan protein dan hanya sedikit lebih banyak lemak dibandingkan dada ayam. Daging merah juga merupakan salah satu sumber terbaik dari leusin, suatu asam amino yang membantu membangun otot.
Ceri untuk kue Tart
Bagaimana Pittsburgh Steelers meredakan sakit otot? Cherry jus. Ternyata “Pigmen pada ceri dan jus cherry meniru efek dari beberapa obat anti-inflamasi,”  “Dan tidak ada efek samping.”
coklat
Cokelat dapat memperbaiki aliran darah – jika Anda makan pada dosis yang tepat. Studi menunjukkan flavanol dalam coklat gelap dapat mengurangi kadar kolesterol jahat, meningkatkan sirkulasi, dan menjaga tekanan darah . Pria dengan aliran darah terganggu  lebih mungkin untuk mengalami disfungsi ereksi, sehingga  makanan yang baik untuk jantung dapat melindungi kehidupan seks Anda juga. Tapi cokelat terlalu banyak dapat menyebabkan penambahan berat badan. Bonci menyarankan makan satu ons sehari sebagai pengganti permen lainnya.
kerang-kerangan
Kerang dan jenis-jenis makanan laut yang kaya akan seng, yang penting untuk jantung, otot, dan sistem reproduksi. Penelitian telah menghubungkan defisiensi seng terhadap kualitas sperma yang buruk dan infertilitas pria. Jika Anda bukan penggemar makanan laut, kacang-kacangan dan biji-bijian memberikan alternatif yang sangat baik untuk stok zat seng.

alpukat
Tentu, alpukat tinggi lemak – tapi itu yang  jenis”baik”. Lemak tak jenuh tunggal ditemukan dalam kemasan alpukat .pukulan satu-dua melawan kolesterol ketika menggantikan lemak jenuh atau trans dalam diet Anda. Hal ini dapat merobohkan kadar kolesterol total dan kolesterol “jahat” (LDL), asalkan tidak lebih dari 25% -35% dari kalori harian berasal dari semua jenis lemak. Minyak zaitun dan kacang-kacangan juga mengandung lemak baik.
lemak Ikan
Ikan berlemak, seperti salmon atau ikan halibut, adalah sumber yang sangat baik dari lemak sehat. Mereka berisi jenis khusus yang dikenal sebagai omega-3 asam lemak, yang melindungi terhadap penyakit jantung, beberapa kanker, dan artritis. Studi menyarankan dua porsi ikan lemak per minggu dapat menurunkan kesempatan Anda dari kematian akibat penyakit jantung.
jahe
Seperti ceri, jahe mungkin memiliki sifat anti-inflamasi yang berguna ketika Anda memaksakan diri terlalu keras. Penelitian menunjukkan makan jahe secara teratur mungkin membantu mengurangi rasa sakit dari latihan yang berhubungan dengan cedera otot.

Susu dan Yogurt
Whey dalam susu dan yogurt merupakan sumber lain dari leusin, asam amino pembangun otot. Bonci merekomendasikan yogurt Yunani. “Ini memiliki konsistensi lebih tebal bahwa pria mungkin ingin lebih baik,” katanya. Ini juga dikemas dengan protein, kalium, dan bakteri bersahabat yang menjaga usus sehat.

pisang
Pisang di karuniai kaya kalium – dan dengan alasan yang baik. Kalium adalah penting dalam kontraksi otot dan kesehatan tulang, kata Bonci. Hal ini juga membantu tekanan darah. Bahkan, mendapatkan cukup kalium mungkin sama pentingnya seperti mengurangi natrium ketika datang untuk menurunkan tekanan darah.
kacang Brazil
Satu ons kacang Brasil memiliki tujuh kali nilai harian yang direkomendasikan selenium. Itu diperkirakan sebelumnya bahwa selenium dapat mencegah kanker prostat. Sayangnya, sebuah studi besar oleh Institut Kesehatan Nasional tidak menemukan manfaat semacam itu dari suplemen selenium. Selenium memang memiliki manfaat kesehatan lainnya, meskipun – itu dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan fungsi tiroid sehat.
Saus tomat
Tomat kaya likopen, antioksidan kuat yang dapat melindungi terhadap beberapa jenis kanker. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa pria yang makan saus tomat secara teratur kurang kemungkinan untuk mendapatkan kanker prostat, tetapi tidak semua studi mendukung hal ini. Bonci mengatakan tomat bernilai waktu Anda pula, karena mereka memberikan berbagai nutrisi tanaman. Menambahkan salsa untuk burrito atau saus tomat pasta cara mudah untuk membuat makanan lebih bergizi.

Makanan dari kedelai
Menurut sebuah studi terhadap lebih dari 40 negara, makanan yang dapat menawarkan perlindungan terkuat melawan kanker prostat adalah kedelai. Ini termasuk tahu, sup miso, dan susu kedelai. Di negara-negara Asia, orang makan  kedelai 90 kali lebih banyak dari orang Amerika . Dan kanker prostat  kurang umum di negara-negara asia.
campuran Sayuran
Sayuran yang dikemas dengan phytochemical,  nutrisi nabati yang meningkatkan kesehatan sel dan melindungi terhadap kanker. Ada berbagai jenis fitokimia, dan cara terbaik untuk mendapatkan berbagai mereka adalah untuk makan sayuran warna yang berbeda. “Harus ada warna pada piring Anda setiap makan.
Sayuran oranye
Sayuran oranye merupakan sumber beta-karoten, lutein, dan vitamin C. Nutrisi ini  membuat anda berpeluang lebih rendah untuk mengembangkan pembesaran prostat, menurut sebuah studi besar yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition. Pilihan yang baik termasuk paprika merah, wortel, labu, dan ubi jalar.
Sayuran berdaun hijau
Bayam, collard hijau, dan kale dapat bermanfaat bagi mata serta prostat. Sayuran ini berdaun hijau kaya akan lutein dan zeaxanthin. Kedua nutrisi melindungi terhadap katarak dan degenerasi terkait usia makula, penyakit mata kronis yang merusak visi.
telur
Telur menyediakan lutein, protein, dan zat besi – tapi Anda harus makan telur utuh. “Meskipun kuning telur merupakan sumber kolesterol, memiliki setengah protein dan sebagian besar rasa,” kata Bonci. Dia merekomendasikan pemotongan kembali pada tinggi kolesterol permen untuk membuat ruang untuk telur utuh dalam diet Anda. Jika Anda memiliki kolesterol tinggi, tanyakan kepada dokter Anda jika Anda harus membatasi berapa banyak telur yang Anda makan per minggu.

0 komentar:

Posting Komentar

mohon komen tidak sara,saru,dan tidak menganggu

 

situs resmi Dara izhhar Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | web hosting